1. Penyiar : Oke. Pengalaman kehidupan seperti apa yang pernah kalian pahami dari lagu?
Saskia : Dalam lagu-lagu yang dinyanyikan kaum muda biasanya pengalaman cinta, kak!
Tapi
kalau kita mendengarkan lagu-lagu Ebiet G. Ade ada pengalaman
kerohanian yang sangat kaya. Misalnya dalam lagu ”Berita Kepada Kawan”
lagu itu mengisahkan pengalaman Ebiet bertemu seorang anak kecil yang
ayah ibunya meninggal dalam bencana alam.
Apakah tema dialog di atas?
a. pengalaman menyanyikan lagu-lagu kaum muda
b. pengalaman yang dapat dipetik dari menyanyikan lagu
c. pengalaman kehidupan yang dapat kita petik dari lagu
d. pengalaman Ebiet. G. Ade dengan anak kecil
2. Apakah kesimpulan dialog interaktif di atas?
a. lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman cinta
b. lagu-lagu Ebiet. G. Ade bisanya pengalaman kerohanian
c. lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman cinta sedangkan lagu Ebiet. G.Ade tentang pengalaman kerohanian
d. lagu Ebiet. G. Ade adalah pengalaman bertemu anak kecil yang ditinggal ayah ibunya
3. Manakah kalimat berikut yang berupa pendapat nara sumber?
a. Lagu-lagu kaum muda biasanya pengalaman cinta
b. Ebiet. G. Ade menyanyikan lagu berita kepada kawan
c. Ebiet. G. Ade bertemu anak kecil
d. Anak kecil ditinggal ayah dan ibunya
4. Manakah berikut ini berupa komentar yang meyakinkan dari pendapat nara sumber di atas?
a. lagu-lagu cinta pasti disukai anak muda
b. pengalaman kerohanian kita bertambah kaya dengan mendengar kisah anak kecil yang ditingggal orang tuanya
c. lagu-lagu cinta memang menyenangkan kaum muda
d. lagu-lagu Ebiet. G.Ade memperkaya pengalaman kerohanian pendengarnya
5. Syair Perahu
Wahai muda, kenali dirimu
Ialah perahu tamsil tubuhmu
Tiadalah beberapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal diammu
....
Apakah tema syair di atas?
a. kita harus mengenali diri kita masing-masing
b. kehidupan dunia sementara
c. kehidupan akhirat akan kekal
d. kehidupan dunia hanya sementara dan yang kekal kehidupan akhirat
6. Apakah pesan penulis syair yang ingin disampaikan?
a. agar kita memahami arti kehidupan yang tidak kekal
b. kehidupan dunia seperti perahu
c. hidup kita tidak lama
d. keakhirat juga kita nanti
7. Muaranya dalam, ikanpun banyak
Di sanalah perahu keram dan rusak
Karangnya tajam seperti tombak
Ke atas pasir kamu tersesak
Dilihat dari segi bentuknya, karya sastra di atas disebut ....
a. puisi
b. pantun
c. Syair
d. gurindam
8.
|
No.
|
Jumlah
larik
|
Jumlah
Suku kata
|
sajak
|
Isi
|
1.
2.
3.
4.
|
4
4
4
4
|
8-10
8-12
8-12
8-12
|
ab-ab
ab-ab
ab-ab
aa-aa
|
Dongeng/cerita
Nasihat/dongeng
Petuah/cerita
Nasihat/cerita
|
Ciri-ciri syair yang paling tepa terdapat pada tabel nomor berapa?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
9. Apabila dilihat dari segi ppersamaan bunyi pada ujung baris puisi lama (syair) mempunyai pola ....
a. ab-ab
b. aa aa
c. abcb
d. aa bb
10. Disebut apakah karya sastra lama yang berisi 4 baris sebait yang isinya menyebar diseluruh baris
a. pantun
b. syair
c. gurindam
d. talibun
11. Cerita Sincan justru merusak nilai pendidikan yang kita tanamkan kepada anak-anak.
Komentar logis atas pendapat di atas adalah ....
a. pendapat tersebut benar karena cerita Sincan tampil dengan ketidaksopanan
b. pendapat tersebut benar, karena tidak selayaknya nilai pendidikan ditampilkan melalui kartun
c. pendapat tersebut benar karena karena sinetron Sincan berasal dari negara lain
d. pendapat tersebut benar karena Sincan tidak cocok ditonton anak-anak
12. Manakah berikut ini yang merupakan kritik dari yang paling logis?
a. Wajar kalau lukisan itu laku mahal karena yang membeli orang kaya
b. Lukisan tersebut bagus karena memang mahal
c. Lukisan itu bagus, karena dibuat oleh pelukis terkenal
d. Wajar kalau bagus karena catnya banyak
13. Jika Anda mengkritik sebuah lukisan, hal apa yang menjadi bahan pertimbangan?
a. alat yang digunakan
c. Tempat melukisnya
b. pelukisnya
d. Hasil lukisannya
14. Nanti-nantikanlah
Rumput kering menguning
Terhampar luas
Gemetar tampak hawa panas
Atas padang sunyi
Apakah kelebihan penggalan puisi di atas?
a. barisnya hanya empat
b. persamaan bunyi menarik
c. menggunakan makna kias
d. sulit dipahami maknanya
15. Apa kelemahan puisi di atas?
a. sebait berisi empat baris
b. bunyi di akhir baris
c. kata-katanya indah
d. sulit dipahami maknanya
16. Ada lukisan pantai Bali saat mentari hampir terbenam karya Gunarsa.
Apakah kritikan yang paling baik?
a. Lukisannya bagus, sayang warna mataharinya kurang cerah sedikit.
b. Lukisan itu bagus, pokoknya bagus
c. Lukisan itu jelek, saya tidak senang
d. Lukisannya bagus sayang yang melukis bukan Afandi
17. Dalam rangka bulan bahasa, SMPN Megang Sakti mengadakan lomba baca puisi. Banyak siswa yang menyukai lomba baca puisi tersebut.
Unsur berita apakah yang tidak ada dalam laporan berita tersebut?
a. di mana
c. mengapa
b. kapan
d. bagaimana
18. Saudara, saya ini berada di lokasi kebakaran kompleks pertokoan menara kencana. Tampak api masih menyala-nyala melalap kios di bagian timur.
Unsur apakah yang belum ada pada laporan di atas?
a. apa
c. bagaimana
b. di mana
d. mengapa
19. Setiap
pagi Widodo keluar dari gubuknya, meninggalkan istri dan kedua anaknya,
membawa tas hitam murahan. Sudah seminggu ini persediaan beras di rumah
menipis. Istrinya meratap tetapi Widodo hanya mengatakan agar menunggu
berapa hari. ”Aku akan pulang dengan tas hitam ini penuh dengan uang”.
Siapa mau membeli teko itu dengan harga jutaan rupiah seperti impianmu? Yang
kuperlukan bukan uang sebanyak itu, aku hanya ingin beras dan ikan
asin. Aku tak tahan melihat anak-anak menangis karena lapar” ujar
istrinya.
Dari penggalan cerpen di atas alur cerpen yang dilukiskan secara menonjol adalah ....
a. setting
c. konflik
b. pengenalan masalah
d. penyelesaian
20. Manakah berikut ini yang merupakan setting dari penggalan cerpen di atas?
a. pagi hari di sebuah gubuk
b. c. gubuk
c. pagi hari
d. d. Setiap pagi
Peserta : Apakah yang diperlukan untuk menanam adenium?
Narasumber :
Hal-hal yang perlu disiapkan untuk membudidayakan tanaman hias adenium
adalah menyiapkan bibit tanaman adenium; manyiapkan media yang sesuai
dengan tanaman adenium; mempelajari sifat-sifat tanaman adenium;
memahami cara perawatan tanaman adenium.
Peserta : Saya pemula tanaman adenium. Bagaimana cara mempercepat percabangan tanaman adenium?
Narasumber :
Cara mempercepat percabangan tanaman adenium biasanya dengan pemotongan
batang atau pruning. Untuk mendapatkan percabangan yang bagus, anda
perlu memerhatikan mata tumbuh pada batang agar cabang yang tumbuh tidak
asal-asalan. terlalu banyak melakukan penyiraman.
21. Apakah topik yang dibahas dalam dialog interaktif tersebut?
a. Penanaman adenium
b. Perawatan adenium
c. Pengembangbiakan adenium
d. budi daya adenium
22. Siapakah orang yang paling tepat menjadi narasumber dialog tersebut?
a. Tukang kebun perawat taman
b. Pakar tanaman adenium
c. Penjual bunga adenium
d. Penggemar adenium
23. Simpulan yang tidak sesuai dengan dialog tersebuta dalah ..
a. Narasumber dapat memberikan penjelasan tentang budidaya adenium
b. Penanya adalah penggemar adenium
c. Penanya berminat untuk menjadi penjual adenium
d. Narasumber adalah penjual tanaman hias yang sukses
Bacaan untuk soal no.4 s.d.6.
Penanya
Apakah yang Bapak lakukan agar sekolah ini tetap bersih rindang dan indah.
Narasumber
Saya mengajak semua warga sekolah untuk ikut aktif dalam semua kegiatan kebersihan.
Penanya
Bagaimanakah jika ada guru yang hanya mengajar tetapi tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan?
Narasumber
Saya tidak bosan-bosan untuk mengajak mereka. Dalam rapat dinas pun selalau saya ingatkan.
24. Bagaimanakah sikap narasumber terhadap sikap guru yang tidak peduli terhadap kebersihan?
a. Biasa saja, karena guru tugasnya mengajar.
b. Sangat peduli, karena guru adalah warga sekolah.
c. Sangat bijaksana, karena guru dapat memotivasi siswa.
d. Biasa saja, karena ada guru yang peduli da nada guru yang tidak peduli.
25. Pertanyaan yang tepat untuk narasumber adalah ….
a. Siapakah yang menunjuk Bapak untuk mengelola sampah di sini?
b. Bagaimanakah kepedulian satpam sekolah terhadap kebersihan?
c. Berapa lama Bapak dinas di sekolah ini?
d. Berapakah Bapak digaji dalam sebulan?
26. Apakah manfaat yang dapat kita ambill dari dialog tersebut?
a. Kebersihan merupakan tanggung jawab kepala sekolah dan guru. Karena mereka lebih dewasa dalam bertindak.
b. Kebersihan perlu dijaga kapan pun dan dimana pun.
c. Kebersihan merupakan tanggung jawab semua warga sekolah.
d. Kebersihan meruapakan tanggung jawab siswa, klarena siswalah yang banyak mengotori sekolah.
Gambar untuk soal nomor 7,8 dan 9
27. Pujian yang tepat untuk karya dari bahan limbah tersebuat adalah ….
a. Pembuatan benda ini pasti sulit
b. Bahan-bahannya dari apa saja?
c. Barangnya jarang terdapat di pasaran.
d. Idenya sangat bagus.
28. (1)Karya
dari barang bekas tersebut cukup unik dan menarik. (2) Bahannya
diambil dari barang bekas. (3) Pemilihan bentuk pun menarik.(4) Namun
sayang permukaan tidak rata. (5) Terkesan dibuat asal dari barang bekas
Kalimat yang menyatakan pujian terdapat dalam kalimat …
a. pertama
b. kedua
c. keempat
d. kelima
29. Kalimat yang menyatakan kritikan terdapat dalam kaliamat …
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
Subhanalloh
Alhamdulilah puji syukur ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan
karunia-Nya saya dapat menyelesaikan tugas observasi dan dapat
menyelesaikan juga laporan hasil kunjungan studi ke Museum Geologi
Bandung. Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana
penggunaan dan penerapan teknologi Informasi yang telah berkembang di
Museum Geologi Bandung.
Inti paragrap tersebut adalah ….
a. Tugas observasi telah selesai dilaksanakan.
b. Tujuan observasi telah dilaksanakan.
c. Studi ke Museum Geologi Bandung.
d. Rasa syukur kepada Tuhan
30. Ucapan
terima kasih kami sampaikan …….. semua pihak …… telah membantu terutama
Asisten-Asisten Dosen PTI ….. telah memberikan bimbingan.
a. kepada _ kepada _ yang
b. kepada _yang _ dan
c. kepada _ yang _ yang
d. kepada _ untuk_dan
Teks untuk soal nomor 11 s.d. 15
Hari
itu tanggal 4 Januari 2011 tepatnya pada hari Selasa jam dua
siang. (2) Saya , Lucki , dan Kiki melakukan Observasi ke Museum
Geologi Bandung.(3) Awalnya itu perjalanan yang lumayan menegangkan. (4)
Selain kita cuman bertiga, ketua kelompok kami pun tidak bisa ikut
bersama kami. (5) Dia sedang ada keperluan. (6) Ketegangan itu hilang
setelah kita disambut dengan baik oleh Staf Humas / Staf TU disana.
31. Pikiran utama paragrap tersebut terlatak pada kalimat ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
32. Kalimat tidak baku terdapat dalam kalimat ….
a. (1) dan (2)
b. (3) dan (4)
c. (1) dan (4)
d. (3) dan (6)
33. Kesalahan dalam penulisan huruf capital terletak dalam kalimat …
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
34. Dia sedang ada keperluan.
Kalimat tersebut dapat diperbaiki seperti berikut ini …
a. Dia ada keperluan.
b. Dia sedang dalam keperluan.
c. Sedang dia ada keperluan.
d. Sedang ada keperluan dianya.
35. Dan
dikarenakan data-data yang diperoleh pada hari pertama observasi kurang
lengkap maka pada tanggal 07 Januari kelompok saya melakukan observasi
ulang dan kali ini hampir semuanya ikut.
Perbaikan kalimat tersebut dapat dilakukan dengan cara ….
a. Menghilangkan kata “dan” di awal kalimat dan “dan” di tengah kalimat.
b. Menghilangkan kata dikarenakan.
c. Kata “dan”, “dikarenakan”, “maka” , “dan” dihilangkan.
d. Kata “dan” di awal kalimat dihilangkan, kata “dan” di tengah kalimat diganti dengan tanda titik (.).
36. Analisis, 108, 141
Apakah maksud indeks tersebut?
a. Kata analisis pada halaman 108 berjumlah 141.
b. Kata analisis berjumlah 108 dapat dilihat pada halaman 141.
c. Kata analisis ditulis sebanyak 108 kali dan 141 kali.
d. Kata analisis terdapat pada halaman 108 dan 141
37. Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 49, 50, 52, 65, 121, 128, 129,
Bachtiar, Toto Sudarto, 43, 44, 48
Badudu, J.S,. 40
Manakah pernyataan yang benar berdasarkan data indeks tersebut?
a. Semua data tentang Sutarji Calzoum Bachri, Toto Sudarto Bachtiar, J.S. Badudu terdapat dalam buku tersebut.
b. Nama-nama Sutarji Calzoum Bachri, Toto Sudarto Bachtiar, J.S. Badudu terdapat dalam buku tersebut.
c. Sutarji Calzoum Bachri, Toto Sudarto Bachtiar, J.S. Badudu ada dalam halaman yang sama.
d. Sutarji Calzoum Bachri, Toto Sudarto Bachtiar, J.S. Badudu adalah pengarang buku tersebut
38. Ada sebuah iklan baris dari internet yang diambil pada 27 Oktober jam 18:24
berminat ngelamar sya fauji,20thn dari kuningan_jabar lulusan smk_2010 pengalaman kerja ada, hp : 083823133339 terimksih.
Iklan tersebut kurang jelas, karena ….
a. Tidak jelas siapa pemilik iklan.
b. Tidak jelas kemana harus menghubungi pelamar.
c. Tidak jelas pekerjaan apa yang diinginkan.
d. Tidak jelas mengapa menulis iklan.
39. OSIS
SMPN 1 BOYOLANGU akan mengadakan pentas seni dalam rangka Hari Puspa
dan Satwa. Diharapkan warga sekitar ikut datang memeriahkan. Jika akan
memasang iklan, media yang tepat adalah ….
a. Baliho di dekat pintu masuk.
b. Poster di semua kelas.
c. Spanduk di dekat lapangan sekolah.
d. Selebaran untuk semua siswa.
40. Dheni Setiawan sya Lulusan SMK prog Adm prkantorn dan sya bru lulus thn ini jk ada lowongn krja mohon hub sya di 085781874327
Fakta yang sesuai dengan data iklan tersebut adalah …
a. Deni Setiawan lulus SMK memerlukan pekerjaan setelah lulus.
b. Deni Setiawan lulus tahun 2011 memerlukan lamaran pekerjaan.
c. Deni setiawan lulus SMK jurusan administrasi perkantoran memerlukan pekerjaan.
d. Deni Setiawan memerlukan administrasi perkantoran dalam bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar