Rabu, 15 Oktober 2014

SOAL PKN KELAS IX (1-50)

1.   Salah satu contoh pelaksanaan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari adalah ........

A.mengucapkan salam kepada teman-temannya
B.berdo'a pada waktu mau makan
C.ibadah tepat waktu
D.membantu dengan ikhlas kepada yang seagama

2.   Setiap berangkat ke sekolah Ade Uju memakai sepatu buatan Cibaduyut dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Perbuatan Ade Uju tersebut mencerminkan rasa bangga terhadap ........

A.bahasanya
B.produksi sepatunya
C.buatan daerahnya
D.bangsa dan negaranya

3.   Pak Ahmad selalu bekerja tepat waktu, apa yang dikerjakannya dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan keahliannya dan kemampuannya.
Pak Ahmad itu mencerminkan sosok orang yang bekerja ........

A.keras
B.tepat waktu
C.dengan sangat rajin
D.sesuai dengan keahliannya

4.   Ketua OSIS SLTP Sumberasih dalam pergaulannya tidak membedakan suku, agama, dan kekayaan terhadap teman-temannya.
Perbuatan ketua OSIS tersebut menampilkan perilaku ........

A.tenggang rasa
B.sopan santun
C.hormat menghormati
D.baik dan benar

5.   Untuk mengisi jam pelajaran yang kosong. seluruh siswa mendapat tugas membersihkan ruangan dan halaman sekolahan bersama-sama.
Kegiatan tersebut mencerminkan ........

A.kerja lama
B.gotong royong
C.piket bersama
D.kerja keras

6.   Kita harus memperlakukan orang lain sesuai dengan harkat, derajat dan martabatnya dengan cara ........

A.bersikap tak acuh terhadap orang lain
B.membiarkan orang lain berbuat sekehendak hati
C.saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah
D.membiarkan orang lain untuk mengeluarkan pendapatnya sebebas-bebasnya.

7.   Walaupun ibunya sedang sakit keras, anaknya itu tetap meminta izin kepada ibunya untuk berangkat ke sekolah, sikap tersebut mencerminkan ........

A.menghargai orang tua
B.menghargai ibunya
C.memohon restu ibunya
D.rela berkorban

8.   Untuk memupuk persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan cara ........

A.mempelajari dan memahami kesenian tradisional
B.mengadakan pertukaran pemuda antar daerah
C.mengakui keanekaragaman budaya daerah
D.mengembangkan kebudayaan daerah masing-masing

9.   Cinta tanah air merupakan perwujudan pengamalan Pancasila, sila ke ........

A.Ketuhanan YME
B.Kemanusiaan yang adil dan beradab
C.Persatuan Indonesia
D.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

10.   Keyakinan terhadap Tuhan YME memiliki makna ........

A.percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa
B.Memeluk salah satu agama
C.percaya yang diiringi ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
D.kebebasan memeluk agama sesuai dengan pilihannya

11.   Tujuan dibentuknya hukum di negara Indonesia di antaranya adalah agar ........

A.yang kuat dapat melindungi yang lemah
B.dalam masyarakat terwujud rasa keadilan dan ketertiban
C.yang pandai dapat memimpin yang adil
D.di masyarakat terwujud keadilan

12.   Contoh perilaku hidup sederhana dalam lingkungan keluarga di antaranya adalah ........

A.berbelanja harus yang harganya murah
B.lampu tidak usah dinyalakan walaupun hari sudah gelap
C.berbelanja sesuai dengan kebutuhan
D.tidak usah memakai perhiasan

13.   I.   Hemat
II.  Cermat
III. Sehat
IV. Tidak bergaya hidup mewah
V.  Tidak boros

Dari data di atas yang termasuk ciri-ciri hidup sederhana ditunjukkan pada nomor ........

A.I, II, III, IV, V
B.II, III, IV, V
C.I, III, IV, V
D.I, II, IV, V

14.   Tujuan adanya pembinaan kerukunan antar umat beragama adalah untuk ........

A.meningkatkan persatuan dan kesatuan
B.meningkatkan keimanan dan ketakwaan.
C.menciptakan kesejahteraan hidup bangsa
D.memperkokoh kehidupan beragama

15.   Lembaga-lembaga keagamaan di Indonesia berfungsi untuk ........

A.menyelesaikan masalah bersama yang tidak dapat diselesaikan sendiri-sendiri
B.menampung segala perselisihan antar masyarakat bangsa dan negara
C.menampung pendapat, saran, dan minat beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama.
D.menyampaikan ajaran-ajaran agama kepada semua warga negara demi terciptanya kerukunan hidup.

16.   Kesetiaan terhadap bangsa dan negara memiliki makna ........

A.siap sedia memberikan bantuan kepada negara manapun bila diperlukan
B.patuh, dan taat, serta tetap teguh hati mempertahankan bangsa dan negara sebagai tanah airnya.
C.siap sedia mengisi fasilitas yang menjanjikan
D.tetap teguh menjadikan Indonesia sebagai tanah airnya karena ingin disebut pahlawan.

17.   Bagi bangsa Indonesia yang dijadikan pedoman perilaku setia kepada bangsa dan negara dalam kehidupan sehari-hari adalah ........

A.Pancasila
B.Agama
C.Penguasa negara
D.Adat dan budaya Indonesia

18.   Perilaku hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari dapat dicontohkan sebagai berikut, kecuali ........

A.mencuci tangan sebelum makan
B.membuang sampah pada tempatnya
C.mengenakan sandal agar kakinya bersih
D.menyapu lantai dan halaman setiap hari

19.   Norma yang paling ampuh untuk menciptakan kebiasaan hidup bersih adalah norma.......

A.agama
B.kesopanan
C.kesusilaan
D.budaya

20.   Perilaku manusia yang dapat meningkatkan harkat, martabat, dan harga dirinya adalah manusia yang hidupnya ........

A.sederhana
B.malas-malasan
C.selalu mengalah
D.pantang menyerah

21.   Hak asasi adalah hak dasar yang dimiliki sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang tidak bersifat mutlak artinya hak tersebut ........

A.dibatasi oleh orang lain
B.hanya menguntungkan orang lain
C.harus mengutamakan kepentingan diri sendiri
D.hanya bisa diterima oleh yang kuat saja

22.   Disiplin perlu ditanamkan kepada seluruh warga negara sejak dini, sebab disiplin merupakan ........

A.modal pembangunan
B.anjuran dari pemerintah
C.kunci keberhasilan
D.cita-cita semua orang

23.   Contoh perilaku disiplin siswa di sekolah adalah ........

A.seluruh waktunya dihabiskan di sekolah
B.belajar terus tanpa mengenal istirahat
C.selalu tidak tepat waktu datang ke sekolah
D.membagi waktu dan memanfaatkannya secara tepat

24.   Salah satu contoh perbuatan yang mencerminkan sikap patuh dan taat pada hukum adalah sebagai berikut ........

A.menaati peraturan lalu lintas karena ada polisi
B.membayar pajak tepat waktu
C.memiliki tanda bukti diri
D.membantu orang yang tertimpa musibah

25.   Perbuatan yang tidak mencerminkan ketaatan dan kepatuhan dalam beribadah, diantaranya adalah ........

A.membiasakan diri bersikap dan bertutur kata dengan baik
B.melaksanakan sikap hidup sesuai dengan ketentuan
C.bertingkah laku tidak sopan
D.melaksanakan tindakan sesuai dengan aturan

26.   Kemungkinan yang akan terjadi apabila tidak dapat mengendalikan dini akan terjadi ........

A.persahabatan
B.perselisihan
C.kedamaian
D.kesejahteraan

27.   Pengaruh positif, apabila seseorang taat beribadah adalah ........

A.memiliki akhlak yang mulia
B.mengetahui berbagai macam ajaran agama
C.memiliki harta yang berlimpah
D.menambah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

28.   Untuk meningkatkan kepatuhan dan ketaatan beribadah sesuai agama masing-masing, kita harus ........

A.memperjuangkan agama yang kita anut
B.melaksanakan perintah dan larangan agama sesuai dengan situasi dan kondisi
C.giat mempelajari agama dan ikut serta dalam kegiatan sosial
D.selalu berdoa dan bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

29.   Hak dan kewajiban warga negara dalam bidang hukum diatur dalam UUD 1945 ........

A.pasal 27 ayat 1
B.pasal 27 ayat 2
C.pasal 28
D.pasal 30 ayat 1

30.   Hak asasi yang sifatnya pribadi diatur di dalam UUD 1945 ........

A.pasal 27 ayat 2
B.pasal 28
C.pasal 29 ayat 1
D.pasal 29 ayat 2

31.   Salah satu ciri orang yang peduli akan hak dan kewajiban, adalah ........

A.bertanggung jawab terhadap keselamatan bangsa
B.membiarkan hasil pembangunan
C.menerima masuknya budaya asing
D.menuntut hak yang harus kita terima

32.   Di bawah ini merupakan contoh sikap keseimbangan antara hak dan kewajiban ........

A.mengeluarkan pendapat dengan berunjuk rasa
B.kita berhak menggunakan jalan raya, dan kewajiban kita adalah mematuhi peraturan lalu lintas.
C.membantu orang yang terkena bencana alam, agar suatu saat kita juga ada yang membantu.
D.pemerintah mempunyai tugas mencerdaskan bangsa, dan kita wajib menyumbang pelaksanaan pendidikan.

33.   Pelanggaran terhadap peraturan, artinya ........

A.merugikan kepentingan umum
B.menandakan bahwa kita dapat berbuat sekehendak hati
C.merugikan diri kita sendiri.
D.merugikan diri kita sendiri dan kepentingan umum

34.   Manfaat kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat bagi diri sendiri antara lain ........

A.memberikan jalan yang menguntungkan yang mungkin timbul belakangan
B.mendapat penghargaan dan pujian dari masyarakat setempat
C.mendatangkan kepuasan batin yang tak ternilai harganya
D.mendatangkan kepercayaan dari masyarakat sekitar

35.   Salah satu tindakan positif seorang siswa yang tahu tentang kedudukan hukum, ialah ........

A.tahu tentang hukum tata negara
B.masuk menjadi anggota ABRI
C.turut serta dalam berbagai kegiatan
D.menaati peraturan lalu lintas.

36.   Manfaat ditumbuhkannya kesadaran hukum dalam masyarakat, adalah ........

A.terbina kebahagiaan keluarga
B.tercipta ketenteraman hidup bermasyarakat
C.terciptanya kesejahteraan masyarakat
D.terjamin kebebasan yang mutlak

37.   Pengertian keadilan sosial adalah keadilan yang ........

A.merata di dalam berbagai bidang kehidupan
B.berlaku di segala bidang
C.berlaku di segala bidang kehidupan, baik material maupun spiritual yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat secara merata berdasarkan asas kekeluargaan
D.harus dinikmati oleh seluruh bangsa, dan tidak berat sebelah

38.   Makna keadilan sosial dalam bidang pendidikan dan pengajaran adalah ........

A.memperoleh pendidikan sesuai dengan kemauan dan kemampuan
B.adanya kesempatan belajar bagi siapa saja tanpa perbedaan
C.terdapatnya kesempatan pendidikan bagi siapa raja yang berkeinginan
D.memberikan kesempatan kepada mereka yang belum memperoleh pendidikan

39.   Salah satu sikap membina dan menegakkan rasa keadilan, adalah ........

A.pemeliharaan kesehatan dan pendidikan
B.masyarakat tidak main hakim sendiri
C.warganegara dapat menikmati kebudayaan
D.rakyat dapat mengembangkan kebudayaan.

40.   Contoh sikap perilaku yang mencerminkan nilai keadilan di lingkungan sekolah
adalah ........

A.bekerja bersama masyarakat dalam pembangunan
B.suka bekerja keras, hormat dan patuh pada orang tua
C.giat belajar, dan menabung
D.memberikan bea siswa pada siswa yang berbakat.

41.   Aspek historis yang melandasi kerukunan antar umat beragama, adalah ........

A.persamaan nasib dan cita-cita
B.mendiami wilayah yang sama
C.karena satu bangsa
D.karena persamaan bahasa

42.   Bukti bahwa kerukunan antar umat beragama sudah ada sejak zaman Majapahit, adalah dapat hidup ....

A.berdampingan antar pemeluk agama Hindu dan Budha
B.berdampingan antara pemeluk agama Budha dan Hindu Syiwa
C.rukun antara pemeluk agama Islam dan agama Hindu
D.berdampingan antara umat Islam dengan penganut kepercayaan

43.   Tri kerukunan hidup beragama meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali ........

A.antar umat beragama dengan pemerintah
B.antara pemerintah dengan luar negeri
C.sesama umat beragama
D.antar umat beragama

44.   Berikut ini merupakan cara-cara untuk mengembangkan sikap rukun antar umat beragama, kecuali ........

A.tidak menghina agama dan kepercayaan orang lain
B.mendalami agama yang kita yakini
C.bersikap fanatik pada agama sendiri
D.mengembangkan sikap toleransi antar umat beragama

45.   Negara Kesatuan Republik Indonesia menentukan urusannya sendiri, baik ke dalam maupun keluar, sehingga hal ini disebut sebagai negara ........

A.Kesatuan
B.Berdaulat
C.Demokrasi
D.Berkuasa penuh

46.   Perbedaan kedaulatan raja dengan kedaulatan rakyat, di antaranya adalah ........

A.kepala negara dalam kedaulatan raja berdasarkan keturunan, sedangkan kedaulatan rakyat kepala negara dipilih oleh rakyat
B.dalam kedaulatan raja kepala negara berkuasa seumur hidup, sedang dalam kedaulatan rakyat kepala negara kekuasaannya tidak terbatas
C.kedaulatan raja berdasarkan umur, sedangkan kedaulatan rakyat berdasarkan keturunan
D.kedaulatan raja berbentuk kerajaan sedangkan kedaulatan rakyat berbentuk absolut

47.   Kedaulatan yang dianut oleh negara kita, adalah kedaulatan ........

A.Raja dan Negara
B.Tuhan dan Rakyat
C.Hukum dan Tuhan
D.Rakyat dan Hukum

48.   Kekuasaan negara untuk mengatur dan menentukan nasib rakyatnya disebut
kedaulatan ........

A.ke luar
B.ke dalam
C.rakyat
D.negara

49.   Pengertian kesanggupan diri adalah ........

A.kesediaan untuk melakukan sesuatu
B.sikap yang menunjukkan kesediaan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
C.kemampuan kita untuk melakukan sesuatu
D.mencurahkan tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan pekerjaan

50.   Modal dasar pembangunan, di antaranya adalah ........

A.sumber daya alam yang beraneka ragam
B.jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa
C.wilayah yang bercirikan kepulauan dan kedaulatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar