1. | Melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya termasuk pengertian ........ | ||||||||||
|
2. | Sikap warga negara yang bangga bertanah air Indonesia adalah ........ | ||||||||
|
3. | Contoh perilaku sebagai seorang pelajar adalah ........ | ||||||||
|
4. | Sikap tenggang rasa dalam kehidupan beragama antara lain ........ | ||||||||
|
5. | Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1. Beban berat menjadi ringan 2. Menghormati hak dan kewajiban orang lain 3. Mempererat rasa kekeluargaan 4. Pekerjaan akan cepat selesai 5. Masalah dapat diselesaikan Dari pernyataan di atas, yang merupakan makna gotong royong adalah ........ | ||||||||||
|
6. | Si Badu malu bertindak sewenang-wenang terhadap orang lain karena tindakan itu ........ | ||||||||
|
7. | Senjata yang ampuh dalam mengusir penjajah dan berhasil dalam memproklamasikan kemerdekaan adalah ........ | ||||||||
|
8. | Perilaku yang mewujudkan rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari adalah ........ | ||||||||
|
9. | Pasal 29 ayat 1 UUD 1945 menjamin setiap penduduk untuk ........ | ||||||||
|
10. | Melangkahi orang tua yang sedang duduk merupakan perbuatan yang bertentangan dengan ........ | ||||||||||
|
11. | Berikut ini merupakan ciri-ciri dari kesederhanaan, kecuali ........ | ||||||||||
|
12. | Sikap yang perlu dikembangkan untuk menunjukkan kerja sama antarumat beragama adalah ........ | ||||||||
|
13. | Pernyataan di bawah ini merupakan pernyataan akan kesetiaan pada bangsa dan negara, kecuali ........ | ||||||||
|
14. | Seseorang yang mampu menjaga nama baik dengan selalu menaati peraturan yang berlaku berarti telah melaksanakan ketaatan dalam bidang ........ | ||||||||||
|
15. | Hak dasar atau hak pokok yang dimiliki sejak lahir dan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa merupakan pengertian dari ........ | ||||||||||
|
16. | Salah satu contoh pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari adalah ........ | ||||||||
|
17. | Setiap warga negara dituntut ikut berpartisipasi dalam usaha pembangunan. Seorang siswa dikatakan ikut berpartisipasi dalam pembangunan seandainya ........ | ||||||||
|
18. | Pernyataan di bawah ini yang merupakan perilaku rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ........ | ||||||||
|
19. | Sikap siswa yang menampilkan perilaku disiplin dalam lingkungan sekolah adalah ........ | ||||||||
|
20. | Contoh perbuatan yang menunjukkan pengendalian diri dalam bidang ekonomi adalah ....... | ||||||||
|
21. | Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1. Ketika membawa kendaraan, selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. 2. Membeli barang sesuai dengan kemampuan. 3. Memberi bantuan sesuai dengan kemampuan. 4. Datang ke sekolah selalu tepat waktu. 5. Bergotong royong membuat saluran air. 6. Membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pernyataan di atas yang sesuai dengan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku adalah ........ | ||||||||||
|
22. | Penegak hukum yang bertugas mengajukan tuntutan hukum adalah ........ | ||||||||||
|
23. | Hak dan kewajiban warga negara Indonesia mengenai usaha pembelaan negara terdapat dalam ........ | ||||||||||
|
24. | Hak dan kewajiban, warga negara Indonesia diatur dalam pasal ........ | ||||||||||
|
25. | Contoh perilaku warga masyarakat yang memperhatikan keterlaksanaan hak dan kewajiban warga negara dalam bermasyarakat di antaranya, kecuali ........ | ||||||||
|
26. | Patuh terhadap peraturan yang berlaku dalam masyarakat berarti kita ........ | ||||||||
|
27. | Perbuatan yang mematuhi peraturan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat adalah ........ | ||||||||
|
28. | Contoh perilaku siswa yang mematuhi peraturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah adalah ........ | ||||||||
|
29. | Salah satu contoh sikap rukun antarumat beragama adalah ........ | ||||||||
|
30. | Cara meningkatkan kerukunan hidup antarwarga negara yang berbeda-beda adalah ........ | ||||||||
|
31. | Kedaulatan dalam suatu negara berarti bahwa negara tersebut bebas ........ | ||||||||
|
32. | Ciri dari teori kedaulatan rakyat adalah ........ | ||||||||
|
33. | Kedaulatan yang dianut negara kesatuan Republik Indonesia adalah kedaulatan ........ | ||||||||||
|
34. | Contoh bentuk dari peran serta masyarakat dalam pemerintahan adalah ........ | ||||||||
|
35. | Kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan sesuatu disebut ........ | ||||||||||
|
36. | Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan ........ | ||||||||
|
37. | Bukan merupakan unsur Trilogi Pembangunan Nasional adalah ........ | ||||||||
|
38. | Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1. Warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah. 2. Terdaftar dalam Panitia Pemilihan. 3. Pendidikan terendah-rendahnya SLTA atau sederajat. 4. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 5. Cakap berbicara, membaca, dan menulis bahasa Indonesia. 6.Serendah-rendahnya berusia 21 tahun atau lebih. Dari pernyataan di atas, yang termasuk syarat untuk dapat dipilih dalam Pemilu adalah ........ | ||||||||||
|
39. | Sistem pemilihan yang digunakan di Indonesia adalah ........ | ||||||||
|
40. | Peran serta siswa dalam Pemilu antara lain diwujudkan dengan cara ........ | ||||||||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar