Selasa, 02 Desember 2014

UbuTab, Tablet Sangar Berbasis Ubuntu Touch

Smartphone berbasis Ubuntu touch mulai menampakkan diri dan banyak pemerhati teknologi yang penasaran dengan perangkat tersebut. Namun apakah Ubuntu juga akan menghadirkan perangkat tablet? Saat ini Canonical lebih memfokuskan diri ke smartphone dibanding tablet. Namun sistem Ubuntu touch sendiri sudah dirancang agar bisa dijalankan pada dua perangkat tersebut.
Oleh karena itu seorang pengembang bernama Nikki Wertish berinisiatif membuat sebuah tablet yang menggunakan sistem Ubuntu touch. Tablet yang diberi nama UbuTab ini sudah ditampilkan di situs Indiegogo yang merupakan situs penggalangan dana bagi pengembang kreatif.
Spesifikasi yang ditawarkannya terbilang paling tinggi dibanding tablet yang beredar saat ini. Nikki Wertish mengatakan bahwa memiliki bezel yang 80% lebih tipis sehingga layarnya terkesan lebih lega. Menggunakan layar berukuran 10,1 inci dengan resolusi 1920 x 1200 piksel dengan teknologi IPS. Prosesornya menggunakan ARM Cortex-A9 Quad-Core 1,6 GHz dengan grafis Mali 400 MP4 Quad-Core GPU, RAM 2 GB, serta kapasitas media simpannya antara 1 TB dan 2 TB. Kapasitas baterainya juga cukup besar yaitu 11.000 mAh. Hebatnya lagi, UbuTab ditawarkan dengan harga terjangkau. Untuk kapasitas 1 TB hanya dibanderol dengan harga US$245 dan model 2 TB dihargai US$300 saja.
Apa yang ditawarkan ini memang sungguh menggoda. Namun UbuTab bisa dibilang masih berupa prototipe yang belum seratus persen sempurna. Nikki Wertish sebagai pembuatnya memang masih membutuhkan sejumlah dana agar protipe-nya tersebut bisa disempurnakan dan akhirnya dilempar ke pasaran. Dan untuk mewujudkan itu, Nikki mesti mendapatkan dukungan serta dana yang terkumpul melalui situs Indiegogo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar